Saturday, March 01, 2008

PAUN

Udah tinggal di Dili, musti mulai ngikutin kebiasan orang sini juga dunk...
Orang Timor kalo sarapan itu harus makan paun (baca: paung), sejenis roti tawar khas Timor...
Hari rabu kemaren, setelah kita dari
Cristo Rei Yovita ngajak mampir ke rumahnya..
Ternyata kakaknya punya pabrik paun...
Jadilah gw ternorak2 ngeliatin para pekerjanya buat roti itu, sambil moto2 tentyunya...
*para pekerjanya kayanya ngeledekin gw dech, kaya turis aja gitu moto, gw nya aja yg ga ngerti mrk ngomong apa*
Bahan2 nya kaya roti biasa aja sech...
Terigu diaduk dijadiin adonan gitu...
*nenek2 peyot juga tau kalo roti itu dari terigu *
Trus dibulet2in gitu *mrk dah ahli bgt dech, tau bener seberapa besarnya si buletan adonan itu mustinya* dan dipanggang dech...
Tempat manggangnya masih yg tradisional gitu, dimasukin ke perapian yg pake kayu bakar...
Selesai di bakar, jadi dech paun siap dijual..
Biasanya paun ini dibikin nya malem2...
Proses ngaduk terigunya udah dimulai dari jam 5an sore..
Trus sekitar jam 7an malem mrk dah mulai ngebulet2in adonan..
Jam 8an dah mulai ada yang dibakar...

Gitu terus smp pagi.. Paginya baru dianterin ke toko2 langganan..
Eh, gw dikasih gratis 4 biji sama Yovita *mana yg satu ini emang bae bgt*...
Buat perkenalan katanya...
*maap yak, moto paunnya pas dah smp appart jadi 2 lagi dah didlm peyut*
Hmm, pas bgt nech, perut laper abis jalan ke
Cristo Rei trus makan paun yg masih anget...
Endang bo!

5 Comments:

Blogger cyn said...

rasanya pegimane rasanya?

9:08 PM, March 11, 2008  
Blogger rievees said...

hehehe.. lupa laporan pegimane rasanya yak? tawar mpok, kagak ada rasanye.. tapi sekarang tiap pagi gw makan eni roti..

9:54 PM, March 11, 2008  
Anonymous Câmera Digital said...

Hello. This post is likeable, and your blog is very interesting, congratulations :-). I will add in my blogroll =). If possible gives a last there on my blog, it is about the Câmera Digital, I hope you enjoy. The address is http://camera-fotografica-digital.blogspot.com. A hug.

12:15 AM, March 19, 2008  
Blogger jojo said...

Rin, pa kabar?? dah mulay seneng nih kayaknya di sana? masih ingat harus balik ke jakarta ga....

baik-2 ya di sana....

6:55 AM, May 10, 2008  
Blogger kuyus_is_cute said...

Mm .. keliatannya wenak banged. Kapan dikirim nich?? he he
Salam kenal kembali ..

10:51 AM, August 21, 2008  

Post a Comment

<< Home